Selasa, 19 April 2011

Perbedaan Perusahaan Dagang dan Perusahaan Jasa


1.     Perusahaan Dagang
Perusahaan dagang adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pembelian dan penjualan barang. Contoh : Toko baju, toko buku, dsb.

Aktivitas yang terjadi di perusahaan dagang meliputi :
·   Ada aktivitas membeli barang untuk dijual kembali
·   Umumnya memiliki persediaaan barang
·   Perlu menghitung harga popok persediaan.

Ciri-ciri perusahaan dagang :
1.      Melakukan transaksi pembelian barang dagang, baik secara tunai maupun kredit.
2.      Melakukan pembayaran utang usaha yang terjadi akibat adanya berbagai transaksi dalam aktivitas perusahaan.
3.      Menerima pembayaran/pelunasan piutang usaha yang terjadi akibat adanya berbagai transaksi dalam aktivitas perusahaan.
4.      Melakukan penyimpanan barang dagang selama belum dijual dan diserahkan kepada pembeli.

2.     Perusahaan Jasa
Perusahaan jasa adalah perusahaan yang kegiatan usahanya di tujukan untuk memperoleh pedapatan /penghasilan melalui pelayanan jasa tertentu. Contoh :  cuci motor, salon, warung telepon, dsb.

Aktivitas yang terjadi di perusahaan jasa meliputi :
·   Hanya jual jasa
·   Tidak memiliki persediaan jasa
·   Jika ada persediaan, hanya berupa bahan habis pakai untuk menghasilkan jasa.

Ciri-ciri perusahaan jasa :
1.     Ketidakberwujudan (intangibility) : jasa tidak dalam bentuk fisik sehingga tidak dapat disimpan dan harus segera dikonsumsi pada saat diperoleh.
2.     Ketakterpisahkan (inseparability) : konsumen tidak terlibat dalam jasa tersebut tetapi jasa diberikan dalam hal tertentu seperti acara televisi.
3.     Keanekaragaman (heterogenity) : jenis dan kualitas layanan berbeda –beda.
4.    Keterlenyapan (perishability) : manfaat mereka pada jasa akan habis dengan cepat sehingga konsumsi jasa akan dilakukan konsumen secara berulang. Misal jasa cuci motor.

3 komentar:

  1. wah, begitu ya, makasih infonya gan.
    Semoga info ini bermanfaat juga, memang banyak orang yang ingin sukses udaha dagang nya tanpa dibarengi dengan kualitas produk & pelayanan yang dijualnya. Bagaimana bisa? Karena yang namanya cara dagang memang perlu adanya peningkatan kualitas barang dagangannya. Tak perlu melakukan hal yang repot seperti belajar bisnis atau kursus online, seperti wanita yang ingin belajar materi dalam hal kecantikan (tata rias) di tempat penghasil bahan-bahan maklon kosmetik aman tidak berbahaya. Umumnya orang dagang sudah punya banyak pengalaman sebagai usaha nyata (lahir) nya, tapi terkadang masih kurang mengerti ilmu pelarisan seperti dalam usaha batin nya. Maka dari itu silakan coba mengimbangi dengan sarana batin, seperti menggunakan sarana pelarisan. Banyak orang yang bilang sebaiknya memang usaha nyata (lahiriah) dengan usaha batiniahnya harus seimbang. Berbicara masalah pelarisan dagang, ada yang pernah menyarankan menggunakan sebuah JIMAT yang katanya AMPUH. Informasi selengkapnya
    saya peroleh dari DISINI>> JIMAT PELARISAN
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus