Senin, 04 April 2011

PEMBACA SIDIK JARI



Saat ini komputer bukan lagi barang mewah,alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft Word, Excel, Access. Dengan masuknya Teknologi Informasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat pentingsebagai salah satu media pembelajaran. Teknologi Informasi (Information Technology) biasa disingkat TI, IT atau infotech. Dan didefinisikan teknologi informasi adalah hardware dan  software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha. Dari definisi di atas, nampak bahwa teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer, tetapi juga termasuk teknologi telekomunikasi. Teknologi komputer merupakan teknologi yang berhubungan dengan perangkat komputer seperti printer, pembaca sidik jari, CD-ROM, prosesor, disk dan lain-lain.

Mesin Pembuat Kopi
Saat ini saya ingin membahas Teknologi Informasi berupa pembaca sidik jari. Sidik jari adalah salah satu tanda tangan yang paling unik yang dikenal manusia, dan keamanan selalu pikiran utama untuk pengguna teknologi sehari-hari. Di jaman seperti ini alat pembaca sidik jari sudah banyak digunakan pada setiap perusahaan. Contohnya di negara Jepang, sejak tahun 2007, Jepang telah menerapkan sistem pemeriksa sidik ajri di seluruh bandara dan pelabuhan Internasional, guna mencegah masuknya teroris dan kriminal. Namun sistem yang digunakan saat ini hanya menampilkan sidik jari berwarna hitam putih. Sedangkan sistem yang baru, dapat menampilkan gambar berwarna dari seluruh jari secara keseluruhan, serta dapat memberi peringatan secara otomatis, apabila ditemukan sesuatu yang mencurigakan.  Selain itu, pembaca sidik jari terdapat pada mesin pembuat kopi yang biasa dikenal dengan nama Xelsis Digital ID SLX 8870 MS  adalah sebuah mesin kopi otomatis yang telah dilengkapi dengan pembaca sidik jari (fingerpirnt reader) yang digunakan untuk mengidentifikasikan jenis kopi favorit setiap anggota keluarga. Mesin kpi ini bisa menyimpan data sampai 6 buah sidik jari yang artinya bisa sampai 6 rang sekaligus dan setiap 1 buah sidik jari bisa menyimpan 6 buah jenis kpi favorit. Cara kerjanya, ketika anda meletakkan ajri anda ke pembaca sidik jari, otomatis nama anda akan muncul di layar yang ada bersamaan dengan 6 jenis kpi favrit yang sudah anda masukkan datanya. Setelah itu tinggal pencet dan kpi hangat pun siap dihidangkan J

Dengan berkembangnya jaman, maka peralatan apa saja mampu dikaitkan dengan kemajuan teknologi terutama teknologi yang mampu memberikan sebuah informasi. Seperti yang dijelaskan pada contoh-contoh di atas. Diaman pembaca sidik jari merupakan hardware yang mampu menjaga keamanan pada setiap perusahaan atau mampu mengidentifikasikan keinginan seseorang. Pembaca sidik jari pun mampu membuat kerja seseorang kebih efisien dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar